Kamis, 06 Oktober 2016

Contoh Iklan Yang Melanggar Etika Bisnis

Nama  : Humara Mahira

 Kelas : 1 EB 04

NPM  : 23216324

Dosen : Titi Ayem Lestari

Analisis Iklan
Saya akan menjelaskan sebuah contoh iklan yang melanggar etika bisnis yang bisa anda lihat di atas. Ada sebuah video yang mempromosikan sebuah deterjen yang dipakai untuk mencuci. Di iklan ini saya merasa aneh mengapa ada orang kulit hitam dan kulit putih di video ini, lantas saya buka dan ternyata iklan ini mengandung rasisme, atau bisa dibilang merendahkan derajat kaum orang kulit hitam, mengapa demikian? karena di dalam iklan ini terlihat orang kulith hitam sebagai objek yang kotor

terlihat banyak kotoran diwajah dan baju orang kulit hitam tersebut

tampaknya orang kulit hitam tersebut melihat wanita yang berbeda ras dengan dia dan tertarik dengan wanita tersebut, ia pun menggoda wanita tersebut. namun siapa yang menyangka, wanita tersebut malah menaruh obat deterjen ke mulut pria tersebut dan memasukkannya ke dalam mesin cuci

wanita tersebut sedang memasukkan orang kulit hitam ke mesin cuci

Mungkin ini sedikit terlihat ekstrim dan tidak masuk akal, namanya juga iklan apa saja bisa dibuat demi menarik perhatian para konsumen untuk membeli produk tersebut. Orang-orang mengira bahwa orang kulit hitam tersebut akan mati didalam mesin cuci tersebut, dan ternyata orang kulit hitam tersebut secara ajaib berubah menjadi pria kulit putih yang tampan dan bersih.

 Secara ajaib pria kulit putih muncul menggantikan pria kulit hitam.

Disini sangat terlihat jelas pelecehan yang dibuat dalam iklan ini terhadap orang kulit hitam, dan iklan tersebut menanamkan mindset bahwa orang kulit hitam itu kotor dan tidak bisa menjaga kebersihannya. Rasisme sangat kental di dalam iklan tersebut, dan iklan ini dianggap melanggar etika dalam dunia bisnis.

SARAN
Saran saya sebagai masyarakat dunia ini untuk pembuat iklan adalah jangan membuat iklan yang bersifat merendahkan atau menjatuhkan derajat siapapun hanya demi meraup keuntungan yang banyak, masih banyak cara yang lebih kreatif dan atraktif dalam pembuatan iklan yang dapat menarik perhatian para konsumen untuk membeli produk anda sendiri.

(Sumber video: https://youtu.be/uef-Pip_EpA) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar