Rabu, 20 November 2019

Tulisan 3: Analisis Pekerjaan dan Desain Pekerjaan


Soal Pilihan Ganda
1.     Salah satu aktivitas utama program pengembangan dan produktifitas karyawan adalah…
a.      Orientasi dan Pelatihan.                           c. Kursus-kursus untuk pelatih.
b.     Mengadministrasi pelatihan informal.     d. Mengirim karyawan ke Universitas.
2.     Serangkaian unsur pekerjaan yang terkoordinasikan dan terkelompokkan untuk menghasilkan output disebut…         
a.      Tugas.                                                       c. Jabatan.
b.     Posisi.                                                       d. Pekerjaan.
3.     Dengan melakukan analisis jabatan, maka akan dapat ditentukan...
a.      Tingkat kinerja karyawan.                        c. Budaya kerja karyawan.
b.     Tingkat kepuasan karyawan.                    d. Karakteristik karyawan.
4.     Untuk mengetahui kompetensi, pendidikan, dan pengalaman calon pemegang jabatan, perlu dilakukan…
a.   Spesifikasi jabatan.                                   c. Evaluasi jabatan.
b.   Spesialisasi jabatan.                                 d. Deskripsi jabatan.
5.     Wawancara kelompok, dalam rangka mengumpulkan informasi analisis jabatan, digunakan apabila…
a.   Wawancara individu sulit dilakukan.
b.   Ada sejumlah besar karyawan melakukan pekerjaan yang berbeda.
c.   Ada sejumlah besar karyawan melakukan pekerjaan yang sama.
d.   Banyak kelompok informal dalam organisasi.
Soal Essay
1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan analisis pekerjaan!
2.     Sebutkan langkah-langkah analisis pekerjaan!
3.     Apa saja tujuan dari analisis pekerjaan?
4.     Apa pengertian dari Desain pekerjaan?
5.     Apa pengertian dari job specification?






Jawaban Tulisan 3
Soal Pilihan Ganda
1.     A
2.     A
3.     D
4.     A
5.     C
Soal Essay
1.     Analisis pekerjaan adalah menganalisis dan mendesain pekerjaan apa yang harus dikerjakan, bagaimana mengerjakannya, dan mengapa pekerjaan itu harus dikerjakan.
2.     a. Menentukan penggunaan hasil informasi analisis pekerjaan .
b. Mengumpulkan informasi tentang latar belakang.
c. Menyeleksi muwakal (orang yang akan di serahi) jabatan yang akan dianalisis.
d. Mengumpulkan informasi analisis pekerjaan
e. Meninjau informasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan.
f. Menyusun uraian pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan.
g. Meramalkan/memperhitungkan perkembangan perusahaan.
3.     a. Job Description
b. Job Classification
c. Job Evaluation
d. Job Desain instructuring
e. Personal Requirement
4.     Desain Pekerjaan adalah proses penentuan tugas-tugas yang akan dilaksanakan, metode-metod yg digunakan untuk melaksanakan tugas, dan bagaimana pekerjaan tsb berkaitan dengan pekerjaan lainnya dalam organisasi. Desain pekerjaaan merupakan salah satu faktor pendorong keberhasilan produktivitas organisasi.
5.     Job Spesification adalah suatu uraian tertulis tentang tentang latar belakang pendidikan, pengalaman, kemampuan dan kompetensi atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang harus dimiliki sebelum mengisi pemegang jabatan/job tertentu sehingga dapat berfungsi dengan efektif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar