Rabu, 31 Oktober 2012

25 Judul Game Teraneh Setelah Diterjemahkan!




Apa yang membuat sebuah sebuah video game tampil begitu keren di mata para gamer, apalagi bagi kita yang tinggal di kawasan di luar negara-negara maju? Sebagian besar dari Anda mungkin akan menjawab gameplay, sebagian lainnya menyebut visualisasi, dan tidak sedikit yang mungkin cinta karena plot dan keunikan musik yang dihadirkan. Namun, ada satu alasan yang mungkin seringkali diremehkan dan tidak pernah dianggap penting, namun ternyata memainkan peranan yang krusial ketika “dihilangkan” begitu saja. Percaya atau tidak, kita sedang membicarakan pemilihan bahasa Inggris sebagai bahasa utama untuk semua game-game besar ini.

Bahasa Inggris memang kini diposisikan sebagai bahasa komunikasi utama masyarakat secara global dan menjadi salah satu bahasa yang harus dipelajari untuk memastikan diri dapat bertahan dari arus globalisasi yang kian lancar. Namun bagi para penggemar video game, bahasa Inggris  juga memiliki satu fungsi lain yang tidak mungkin terdengar konyol, namun harus diakui kebenarannya. Benar sekali, bahasa yang digunakan sebagian besar developer dan publisher game di seluruh dunia ini membuat semua judul game, narasi, dan percakapan yang ada menjadi jauh lebih mudah dinikmati daripada yang sesungguhnya. Tidak percaya? Anda bisa saja melakukan translasi semua hal ini ke dalam bahasa Indonesia untuk mendapatkan gambaran yang nyata.
Tidak sedikit game yang kita nikmati ini sebenarnya tidak menghadirkan judul yang cukup kuat atau menjual. Sebagian besar bahkan tidak menggambarkan sama sekali gameplay yang akan mereka tawarkan di dalamnya. Namun anehnya, pembawaan bahasa Inggris di dalamnya membuat otak gamer menjadi lebih mudah memberikan toleransi dan melihatnya sebagai sesuatu yang tetap memesona. Tidak percaya? Kami akan mencoba melakukan sebuah eksperimen sederhana. Apakah Anda akan tertarik untuk memainkan game-game ini jika kami melakukan translasi untuk setiap judulnya dengan menggunakan bahasa Indonesia? Artikel ini tentu saja ditujukan untuk hiburan dan tawa semata, tetapi sekaligus juga untuk membuktikan “teori” kami ini.
Untuk membuat segala sesuatunya lebih menarik, kami tidak akan menyertakan judul bahasa inggris sama sekali untuk artikel ini dan hanya memperlihatkan judul game yang sudah ditranslasikan. Anda dapat menebak game apa yang berusaha kami hadirkan lewat potongan screenshot yang juga kami sertakan untuk setiap judul ini.
Jadi, apa saja 25 judul game teraneh setelah diterjemahkan ke bahasa Indonesia?

25. Aspal


Bayangkan jika judul Indonesia ini yang dijual, bisa-bisa Anda mengira akan bermain sebagai mobil perata aspal panas..

24. Bukit Sunyi


Seperti nama kompleks perumahan mewah di kota-kota besar?

23. Senjata Liar


Senjata Liar? Senjata yang tidak mengikuti perintah tuannya dan bergerak secara otomatis?

22. Fantasi Terakhir


Mmmmm…fantasi…fantasi..

21. Perlengkapan Bersalah


Ingat, apapun hasil dari pertarungan ini, yang bersalah adalah perlengkapan yang digunakan, bukan karakternya!

20. Efek Massa


Efek massa? Apakah kita berbicara tentang siapa yang lebih gemuk?

19. Gulungan Tua


Seberapa hebatnya gulungan tua ini sampai Anda harus menjelajahi keseluruhan dunia dan membunuh para naga?

18. Jatuh Bebas


Jatuh bangun aku……..mengejarmu…

17. Jauh Berbeda


Pertanyaan paling utama: Jauh Berbeda dari apa?

16. Supir


Anda bukan karakter utama. Anda bukan seorang polisi super dengan nilai moral yang tidak dapat dipengaruhi. Anda hanyalah seorang supir.

15. Hujan Deras


Hujan deras!! Yeay!

14. Kediaman Iblis


Tok! Tok! Apakah benar ini……..kediaman Iblis?

13. Kebutuhan untuk Ngebut


Broooooommmmmm….

12. Penjarah Makam


Cantik, sensual, kuat, dan pemberani. Pekerjaan? Penjarah makam. What the..

11. Anjing Tidur


Ini bukan soal anjing dan ini bukan soal tidur..

10. Gempa


Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir soal peringatan Tsunami setelahnya..

9. Kotoran


Apakah Anda tertarik memainkan sebuah game balapan dengan judul besar KOTORAN di depannya?

8. Tepi Cermin


Kesempatan untuk ber-narsis ria?

7. Setengah Hidup


Kemana lagi setengahnya?! Ini menjadi misteri terbesar.

6. Ditinggal untuk Mati


Teganya…Teganya.. Teganya…

5. Hidup atau Mati


Ini bukan lagi soal wanita-wanita cantik yang bertarung satu sama lain. Ini soal hidup atau mati!

4. Panggilan Tugas: Perang Modern 3


Tidak terdengar seperti nama sebuah game FPS yang akan sukses luar biasa di industri game bukan?

3. Iblis Boleh Nangis


Sebuah judul sinetron? Romansa ala Romeo-Juliet?

2. Hanya Karena


“Hanya karena” itu seharusnya menjadi semacam kata sambung untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat antara dua hal, bukan frasa yang cocok untuk sebuah judul video game action

1. Curanmor


Tahukah Anda bahwa game open-world yang paling Anda antisipasi saat ini berjudul Curanmor 5? How cool is that?
25 Judul game di atas saja sudah cukup untuk membuktikan bahwa penggunaan bahasa Inggris memang membuat semua game-game ini tampil memesona dan keren, bahkan dari judulnya saja. Sementara ketika Anda menerjemahkan setiap darinya, maka sebagian besar gamer Indonesia akan berhadapan dengan kenyataan bahwa judul sebuah game seringkali tidak bermakna, bahkan tidak melambangkan konten yang ditawarkan sama sekali. Harus diakui, beberapa bahkan tampil melebihi batas absurd sebagai sebuah judul game. Bagian tersulitnya? Tren seperti ini bahkan tidak akan berhenti hingga masa yang akan datang. Anda akan menemukan lebih banyak judul game yang mungkin akan semakin bertambah aneh.
Sekali lagi, artikel ini dibuat hanya untuk hiburan dan humor semata, tanpa bermaksud untuk menyerang, merendahkan, atau menyudutkan siapapun. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar dan berdiskusi jika Anda merasa ada judul game yang lebih pantas untuk masuk ke dalam list di atas ini, tentu saja beserta dengan translasi untuknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar